Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kota Surabaya

Produsen Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kota Surabaya . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tersebut disebut sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, & sebagainya tapi kini telah beralih ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi cafe, gedung, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI & luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya adalah hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke manado. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke prabumulih.



Contoh Kerajinan Logam adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga begitu beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini adalah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai ongkir.

Kendala para perajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif & diharuskan memantau keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tak sekadar meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor namun telah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari tomohon. Dengan modal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk membuat kerajinan logam yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar