Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Bogor

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Bogor . Kampung Tumang, Boyolali posisinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tersebut diketahui sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Banyak saudara Boyolali-Jateng membangun usaha rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, juga sebagainya akan tetapi masa ini sudah berganti ke kerajinan kuningan buat keperluan ornamen masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet cukup membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta timur. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke binjai.



Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam cukup beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain tentu saja auto ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain-lain, pebisnis Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib kreatif juga wajib memantau keinginan konsumen. Kini AA Gallery tak cuma mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tetapi sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak cuma satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari ternate. Dengan modal pengalaman puluhan tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan seni tembaga yang berkualiti juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar