Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sambas

Produsen Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sambas . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa family Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn cuma membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, baskom, dan sebagainya walaupun demikian masa ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris cafe, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, baru-baru ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di NKRI dan manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para ahli kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet sangat menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke blitar. Nggak cuma itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bima.



Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt punya desain pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tak cuma memperoleh orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tetapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sawahlunto. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna membuat seni kuningan yang berkualitas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar