Kamis, 12 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Indramayu

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Indramayu . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra pengrajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jateng mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, serta sebagainya tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan ornamen hotel, kantor, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam wilayah di Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi internet amat membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya desain pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini ialah beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain tentu auto dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang AA Gallery tak sekedar menerima permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari kupang. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah paham cara guna memproduksi seni kuningan yg berkualitas serta sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar