Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sambas

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Sambas . Desa Tumang, Boyolali berada di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa Tumang tersebut diketahui sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Tumang membangun usaha rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, and lainnya walau demikian sekarang sudah berganti ke kerajinan kuningan buat kebutuhan dekorasi hotel, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta and manca negara. Pesanan kerajinan logam bertambah signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi website maka mau membantu para perajin kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and banyak negara. Teknologi website membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke palangkaraya. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke jogja.



Contoh Seni Logam ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan yg dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu saja akan ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lain, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan wajib kreatif and wajib memantau permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapat orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak cuma satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari palopo. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna memproduksi seni kuningan yg memiliki kualitas and sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar