Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Jembrana

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Jembrana . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa saudara Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, dan lain-lain tapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan dekorasi restoran, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dg naiknya pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website begitu menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke batam.



Contoh Seni Logam Kuningan ialah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer juga dpt mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ialah banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain, pebisnis Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan selera prospek. Kini AA Gallery tak sekadar menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior rumah namun telah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari tegal. Berbekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi seni logam yang berkelas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar