Jumat, 13 Maret 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Manokwari Selatan

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Manokwari Selatan . Desa Tumang, Boyolali berlokasi diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Desa tersebut disebut sbg sentra industri seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak family Boyolali memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, serta sebagainya tapi kini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan asesoris restoran, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke solok. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke padang panjang.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yakni beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya semestinya auto dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery nggak sekedar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari samarinda. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang memiliki kualitas serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar