Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kota Payakumbuh

Industri Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kota Payakumbuh . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sbg pusat produsen kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak saudara Cepogo-Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak konsumen. Skill mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, juga sebagainya akan tetapi sekarang telah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris hotel, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di NKRI juga manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke denpasar. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam sangat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini adalah lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah sebab bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari daerah lain tentunya otomatis dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt menerima harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh sebab itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan wajib kreatif juga wajib menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tak sekedar menerima permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak sekedar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari semarang. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk menghasilkan kerajinan logam yg bermutu juga sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar