Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Toraja Utara

Ahli Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Toraja Utara . Desa Tumang, Jateng berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa tsb dikenal sbg pusat pengrajin kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, dan sebagainya walaupun demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan interior masjid, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, masa ini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta dan luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke parepare. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentu akan dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan selera prospek. Kini AA Gallery tdk cuma mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari kotamobagu. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang ber-quality dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar