Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Siau Tagulandang Biaro

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Siau Tagulandang Biaro . Desa Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa Tumang tersebut disebut sbg sentra produsen seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, and lainnya walaupun demikian sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan interior cafe, rumah, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita and luar negeri. Orderan kerajinan logam meningkat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palopo. Nggak cuma itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palu.



Contoh Seni Logam ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam kuningan cukup bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lain tentunya otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain, pengusaha Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan kreatif and diharuskan memantau permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak cuma mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan interior hotel tetapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari cilegon. Dengan modal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk memproduksi kerajinan kuningan yang bermutu and sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar