Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kota Palangka Raya

Pengrajin Seni Logam Melayani Pasar Kota Palangka Raya . Desa Tumang, Boyolali terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal . Desa Tumang tsb dikenal sbg sentra ahli seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Banyak family Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, dan sebagainya akan tetapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan eksterior restoran, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, kini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya merupakan munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka akan menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet amat menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tomohon. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke karawang.



Contoh Seni Kuningan merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt punya design sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga amat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini merupakan beberapa faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari wilayah lain tentu otomatis dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, produsen Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat menerima harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tak sekedar menerima permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah namun sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang design kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari banten. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna memproduksi seni logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar