Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Pandeglang

Perajin Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Pandeglang . Kampung Tumang, Jateng lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb diketahui sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Tumang mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke bermacam pasar. Keahlian menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga lainnya akan tetapi masa ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan eksterior restoran, gedung, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang, mulai menarik dg naiknya orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak orderan datang dari bermacam daerah di NKRI juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya merupakan adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke magelang. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke malang.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan juga dpt mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah karena bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan prospek. Saat ini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah namun sudah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari bandar lampung. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti cara guna memproduksi seni tembaga yang ber-quality juga cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar