Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Gianyar

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Gianyar . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd publik Tumang, Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, serta lainnya namun sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan asesoris cafe, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya merupakan adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta manca negara. Teknologi internet amat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke tanjung pinang. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sukabumi.



Contoh Seni Logam Tembaga merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini merupakan banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain, pebisnis Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif serta diharuskan memantau permintaan masyarakat. Sekarang AA Gallery tidak sekedar mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah namun sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari manado. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat seni logam, AA Gallery semakin paham teknik guna menghasilkan seni logam yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar