Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Sungai Penuh

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Sungai Penuh . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg sentra bisnis seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Cepogo membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and lainnya akan tetapi saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan dekorasi masjid, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia and manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah and manca negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke payakumbuh. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke singkawang.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga amat bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain, pebisnis Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan kreatif and diharuskan memantau keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor tapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari banjarmasin. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna menghasilkan seni kuningan yang berkelas and cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar