Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Rokan Hilir

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Rokan Hilir . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb disebut sbg sentra pengrajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara di sana membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, dan lain-lain akan tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris restoran, rumah, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan kuningan semakin signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bima. Tak sekedar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tegal.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen jg dapat memesan kerajinan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lain, industri Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari karawang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk memproduksi seni kuningan yang bermutu dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar