Jumat, 13 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Subang

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Subang . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb diketahui sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa saudara Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke berbagai pasar. Skill mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, dan sebagainya walaupun demikian sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior restoran, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin membantu para pengrajin kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website sangat membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.



Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dpt menerima harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekadar menerima orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan asesoris kantor tetapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekadar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari tegal. Bermodalkan pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah paham metode untuk memproduksi seni logam yg bermutu dan cocok yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar