Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Selatan

Pengusaha Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Selatan . Kampung Tumang, Boyolali lokasinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Kampung tsb diketahui sbg pusat produsen kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali. Beberapa saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lainnya akan tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk keperluan ornamen masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Negeri Kita juga manca negara. Pesanan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke denpasar. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tangerang.



Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga begitu beragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yaitu banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan inovatif juga diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tak hanya mendapat orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari banjarbaru. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham teknik guna memproduksi kerajinan logam yg bermutu juga cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar