Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Nagan Raya

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Nagan Raya . Desa Tumang, Jateng berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa Tumang tsb disebut sebagai sentra pengrajin kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Jateng. Banyak keluarga Boyolali-Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & sebagainya walaupun demikian masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen restoran, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, kini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke balikpapan. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan amat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yakni beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diharuskan inovatif & diharuskan memantau keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tdk sekadar meraih orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekadar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari tebing tinggi. Bermodal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk memproduksi seni logam yang berkelas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar