Kamis, 12 Maret 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kota Lhokseumawe

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kota Lhokseumawe . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, juga lain-lain namun sekarang telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior hotel, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal maupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pekalongan. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke balikpapan.



Contoh Seni Logam ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya design pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga bervariasi namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain tentu saja akan dikenai ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lain, produsen Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus kreatif juga harus memantau keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari samarinda. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik guna membuat seni tembaga yang memiliki kualitas juga sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar