Kamis, 12 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Lubuklinggau

Industri Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Lubuklinggau . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg pusat ahli seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Tumang mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Skill mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, serta sebagainya akan tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat keperluan asesoris hotel, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke blitar.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki design pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan beragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini merupakan beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lain, industri Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan wajib kreatif serta wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapat pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari sawahlunto. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar