Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Katingan

Pengrajin Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Katingan . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Desa tsb dikenal sebagai sentra pengrajin seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, dan lain-lain tapi sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan logam buat keperluan eksterior cafe, gedung, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi website cukup menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke mataram. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandung.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini adalah lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu saja akan dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Problem lain-lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa meraih harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan inovatif dan diharuskan memantau keinginan prospek. Kini AA Gallery tak sekadar meraih permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan buat keperluan asesoris hotel namun sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari tanjung pinang. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara untuk membuat kerajinan kuningan yg berkualitas dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar