Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Indragiri Hilir

Produsen Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Indragiri Hilir . Kampung Tumang, Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut dikenal sebagai sentra produsen seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara di sana memilih bisnis di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, dan lainnya tetapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris cafe, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dg meningkatnya orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka akan memudahkan para industri kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.



Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini ialah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain-lain, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib inovatif dan wajib menyesuaikan selera konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak cuma memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah namun telah merambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sawahlunto. Bermodal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk memproduksi seni logam yang berkualitas dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar