Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Palangka Raya

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Palangka Raya . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tersebut diketahui sebagai pusat bisnis seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, alat merebus air, serta sebagainya namun sekarang telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior cafe, gedung, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di NKRI serta luar negeri. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi cyber. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke ambon. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga amat beraneka ragam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yaitu banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lain, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib inovatif serta wajib memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar menerima pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekadar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari cilegon. Berbekal pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna memproduksi seni logam yg memiliki kualitas serta sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar