Kamis, 12 Maret 2020

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sarolangun

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sarolangun . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg sentra perajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak family Cepogo memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Keahlian menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma membuat alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, serta lainnya walaupun demikian sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi internet cukup menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke pariaman. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke pontianak.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yakni lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lainnya, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt menerima harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga harus kreatif serta harus memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tdk cuma menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari bitung. Bermodal pengalaman puluhan th menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk membuat seni kuningan yang memiliki kualitas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar