Rabu, 04 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Cianjur

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Cianjur . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut dikenal sebagai sentra pengusaha kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Cepogo memilih kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam pasar. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lainnya akan tetapi sekarang sudah berganti ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior hotel, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam daerah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya ialah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan logam buat menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto.



Contoh Seni Kuningan ialah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan kuningan bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini ialah beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan ditambah biaya kirim.

Problem para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain, ahli Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan wajib kreatif dan wajib memantau selera pasar. Kini AA Gallery tidak sekadar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari palembang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi seni tembaga yang ber-quality dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar