Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Nagekeo

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Nagekeo . Desa Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Desa tersebut diketahui sbg sentra pengusaha seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Tumang mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak konsumen. Skill mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain tapi saat ini telah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan interior masjid, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di NKRI juga manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website amat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen jg dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan amat beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya auto ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Problem lainnya, pengrajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau permintaan pasar. Saat ini AA Gallery nggak sekedar meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi rumah tapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari jayapura. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu metode guna memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality juga sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar