Kamis, 12 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kota Gorontalo

Pengrajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kota Gorontalo . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai pusat pengrajin seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa logam didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga lainnya tapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior hotel, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai bergairah dg meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di NKRI juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet sangat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke dumai.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya design sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga sangat bervariasi tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yaitu lebih dari satu faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu akan ditambah biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lainnya, produsen Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan kreatif juga diharuskan memantau selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tetapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak hanya satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari tarakan. Berbekal pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan seni kuningan yg bermutu juga cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar