Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Mamberamo Tengah

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Mamberamo Tengah . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra pengusaha seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, & lain-lain tapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris hotel, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Negeri Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka mau menolong para ahli kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi website begitu menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke bima.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan begitu beragam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini adalah lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu saja mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib kreatif & wajib memantau keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk sekadar mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris kantor tapi telah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekadar satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari padang sidempuan. Bermodalkan pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode guna membuat kerajinan tembaga yang ber-quality & cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar