Rabu, 04 Maret 2020

Produsen Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Simeulue

Produsen Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Simeulue . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Jateng memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam pasar. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lainnya walaupun demikian masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris masjid, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai bergairah dg naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke bontang. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke denpasar.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan sangat bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yakni banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain-lain, pengusaha Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa mendapat harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan inovatif dan diharuskan menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tidak cuma mendapat pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah namun telah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak cuma satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari gunung sitoli. Berbekal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna menghasilkan kerajinan logam yg memiliki kualitas dan cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar