Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Kapuas Hulu

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Kapuas Hulu . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sbg pusat ahli seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jateng memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, serta sebagainya akan tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi masjid, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta manca negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke serang. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke semarang.



Contoh Kerajinan Logam adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Pembeli jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain, produsen Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tetapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari padang panjang. Berbekal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang ber-quality serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar