Kamis, 12 Maret 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Musi Rawas Utara

Industri Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Musi Rawas Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai pusat produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Skill menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, & sebagainya tetapi sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi restoran, gedung, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita & manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke mataram. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sabang.



Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam cukup beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini ialah beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentu auto dikenai ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lainnya, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan harus kreatif & harus memantau permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar meraih pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tetapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari tanjung balai. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk memproduksi kerajinan logam yang bermutu & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar