Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bangkalan

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bangkalan . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Desa tersebut disebut sebagai sentra perajin seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Jateng memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Skill mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, ceret, & lainnya tetapi kini sudah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen restoran, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di NKRI & manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka mau membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke sibolga. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palembang.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki design pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam bervariasi tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini yakni lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif & diharuskan menyesuaikan keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tak cuma meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel namun sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak cuma satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari kediri. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun membuat seni kuningan, AA Gallery semakin tahu cara guna membuat seni kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar