Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Merangin

Produsen Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Merangin . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Kampung Tumang tsb dikenal sebagai pusat pengusaha seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jawa Tengah memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai pasar. Skill mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, juga lain-lain tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan eksterior hotel, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai menggeliat dg meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua daerah juga berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banten. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tangerang selatan.



Contoh Kerajinan Logam yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan sangat bervariasi tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diharuskan kreatif juga diharuskan memantau selera masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tak cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tetapi sudah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak cuma satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari bekasi. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin tahu metode untuk menghasilkan seni tembaga yg berkualiti juga cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar