Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bangkalan

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bangkalan . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa tersebut diketahui sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan logam buat dijual ke bermacam pasar. Skill mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga lainnya tapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior hotel, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional maupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Indonesia juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta utara. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke surakarta.



Contoh Seni Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga amat beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini adalah banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal karena bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu auto ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lain, ahli Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan memantau keinginan masyarakat. Saat ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior rumah tapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari surabaya. Dengan modal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk membuat kerajinan kuningan yang berkelas juga cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar