Rabu, 04 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Bima

Bisnis Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Bima . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, and lain-lain namun sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen masjid, kantor, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dengan naiknya orderan, baik orderan nasional dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia and luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua daerah and manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bengkulu. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bontang.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beragam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi karena bahan yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus kreatif and harus memantau keinginan pasar. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari bandung. Bermodal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik guna memproduksi kerajinan logam yang berkualitas and cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar