Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Tanah Laut

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Tanah Laut . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb dikenal sebagai pusat industri seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Jateng membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga lain-lain tetapi masa ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan interior cafe, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dgn meningkatnya orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita juga manca negara. Orderan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka mau memudahkan para industri kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi website sangat memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palu. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke padang.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan sangat beragam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini adalah lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lainnya, pebisnis Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan selera prospek. Kini AA Gallery nggak cuma mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah namun sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak cuma satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari tangerang selatan. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham cara untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar