Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Batang

Produsen Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Batang . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tersebut disebut sbg sentra pengusaha seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Jateng membangun bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, & lain-lain akan tetapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi hotel, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta & manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi internet membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke depok. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ternate.



Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini yaitu beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari daerah lain semestinya mau-tidak mau dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak cuma menerima permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari jakarta. Dengan modal pengalaman puluhan tahun membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna memproduksi seni kuningan yang bermutu & sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar