Rabu, 04 Maret 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kolaka Timur

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Kolaka Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb disebut sebagai sentra produsen kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Boyolali-Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Skill menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, serta sebagainya namun saat ini sudah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior masjid, gedung, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita serta manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke kutai kartanegara. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jakarta barat.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga begitu beragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain semestinya otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lainnya, perajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diharuskan inovatif serta diharuskan menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery tidak hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel tetapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian mjd sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari salatiga. Dengan modal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk menghasilkan kerajinan logam yang berkualiti serta cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar