Rabu, 04 Maret 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Pangandaran

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Pangandaran . Kampung Tumang, Cepogo terletak di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tersebut dikenal sebagai sentra bisnis seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Cepogo memilih usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, and lainnya akan tetapi sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen hotel, gedung, and lainnya.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, masa ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta and manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi internet cukup memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke padang. Tdk cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke blitar.



Contoh Seni Logam merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga wajib inovatif and wajib memantau selera pasar. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah tetapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak cuma satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan and ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari jakarta. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang ber-quality and sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar