Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Pariaman

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kota Pariaman . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung tsb disebut sebagai sentra industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai pasar. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, & lain-lain namun sekarang sudah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan interior cafe, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dgn naiknya orderan, baik orderan nasional maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi internet memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke pagaralam. Tak cuma tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.



Contoh Kerajinan Logam yaitu lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya design pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan beragam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya auto dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan harus inovatif & harus menyesuaikan selera konsumen. Masa ini AA Gallery nggak cuma menerima orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah namun sudah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari kotawaringin barat. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni kuningan yang berkualitas & sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar