Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Utara

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Utara . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sbg pusat ahli kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke banyak pasar. Skill mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, juga lainnya walau demikian saat ini telah beralih ke kerajinan kuningan buat kebutuhan dekorasi hotel, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Negara Kita juga luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga semakin cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yaitu adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke palu. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke bontang.



Contoh Kerajinan Logam yaitu lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini yaitu beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu auto dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam harus kreatif juga harus memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor tapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari jakarta utara. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang berkualitas juga sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar