Kamis, 12 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Belu

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Belu . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berlokasi di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan tsb dikenal sebagai pusat industri seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu family Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, dan lain-lain tapi sekarang sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior masjid, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dgn meningkatnya orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami kenaikan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bali. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bali.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini yakni banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga wajib inovatif dan wajib memantau permintaan masyarakat. Kini AA Gallery nggak hanya memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tetapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari blitar. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yg berkelas dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar