Jumat, 13 Maret 2020

Bisnis Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Bandung Barat

Bisnis Seni Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Bandung Barat . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tsb diketahui sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara di sana memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, & lainnya walau demikian masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior restoran, gedung, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website cukup menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kediri. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke depok.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki design sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam cukup bervariasi walau demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga wajib inovatif & wajib memantau selera pasar. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari dumai. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna menghasilkan seni logam yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar