Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Langkat

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Langkat . Desa Tumang, Boyolali-Jateng terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tsb dikenal sbg sentra produsen seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, alat merebus air, juga sebagainya walaupun demikian kini telah berganti ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan ornamen restoran, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Negara Kita juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yaitu adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke palangkaraya. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.



Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga sangat bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu lebih dari satu parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu harganya juga murah sebab bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lainnya, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tidak cuma mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan asesoris hotel tapi telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak cuma satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari denpasar. Berbekal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg ber-quality juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar