Jumat, 13 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Merauke

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Merauke . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb disebut sebagai sentra perajin seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke bermacam pasar. Skill menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lainnya walaupun demikian saat ini sudah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan ornamen hotel, kantor, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan tembaga buat mengenalkan produknya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi website begitu membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke kotawaringin timur. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga begitu beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya semestinya akan dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, pengrajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tidak cuma mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari palu. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan kerajinan kuningan yang memiliki kualitas dan sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar