Jumat, 13 Maret 2020

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Padangsidimpuan

Industri Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Padangsidimpuan . Perkampungan Tumang, Cepogo terletak diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai sentra perajin seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu saudara Cepogo-Boyolali membangun bisnis di rumah kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, serta lain-lain walaupun demikian kini telah berganti ke kerajinan logam tembaga buat keperluan interior cafe, kantor, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka mau membantu para pengrajin kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi website sangat membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke ambon. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.



Contoh Kerajinan Tembaga yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yakni lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lain, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga wajib inovatif serta wajib memantau keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tdk sekadar menerima pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekadar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari bima. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat kerajinan kuningan yang berkualiti serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar