Rabu, 04 Maret 2020

Perajin Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nganjuk

Perajin Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nganjuk . Perkampungan Tumang, Cepogo posisinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Jateng membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam pasar. Skill mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lain-lain walaupun demikian kini telah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris hotel, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan naiknya pesanan, baik pesanan nasional maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka akan membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga banyak negara. Teknologi website cukup membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke surakarta. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke magelang.



Contoh Seni Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga cukup beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yaitu banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain-lain, industri Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga wajib kreatif juga wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapat pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari payakumbuh. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode guna memproduksi seni tembaga yg memiliki kualitas juga cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar