Jumat, 13 Maret 2020

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Banjar

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Banjar . Perkampungan Tumang, Cepogo berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat bisnis seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak family Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Skill mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, juga lainnya akan tetapi masa ini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, saat ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yaitu hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke cilegon. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke langsa.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pembeli juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka dapat mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu lebih dari satu faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, ahli Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery tidak hanya menerima orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari probolinggo. Bermodalkan pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik guna menghasilkan kerajinan tembaga yg berkelas juga cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar