Rabu, 04 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumedang

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumedang . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa tersebut diketahui sebagai pusat pengusaha seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam pasar. Skill mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, ceret, and lainnya walau demikian sekarang ini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris restoran, kantor, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai bergairah dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Negeri Kita and manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para ahli kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke kutai kartanegara. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya desain sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan begitu beragam walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini yakni banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga harus inovatif and harus memantau selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor namun sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari dumai. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th berkarya seni logam, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi seni logam yg berkelas and sesuai yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar