Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Aceh Timur

Produsen Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Aceh Timur . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut dikenal sbg pusat pengrajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga sebagainya tetapi kini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan eksterior cafe, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga manca negara. Permintaan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga manca negara. Teknologi website memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke singkawang. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke blitar.



Contoh Seni Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka bisa punya desain sendiri lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam beragam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Problem para industri kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lain, industri Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan memantau selera prospek. Masa ini AA Gallery tak hanya memperoleh permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak hanya satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari sungaipenuh. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna memproduksi kerajinan logam yang berkualitas juga cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar